Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Warna Warni Kuliner Khas Tegal

Am3liuscollections-Bila orang orang mendengar kata Tegal, apa yang ada di benak anda? Pasti gaya bahasa yang “ngapak-ngapak” seperti inyong, aja kaya kue, sanga, pan maring ndi atau bisa juga identik dengan “WARTEG” atau warung Tegal. Apapun yang kadang orang tertawakan tentang kota saya ini saya anggap hal yang terus jadi motivasi saya, masyarakat Tegal lainnya agar kota saya ini bisa semakin terkenal dengan prestasi dan keunikkan nya. Belum banyak yang tau kalau Kota saya ini banyak mempunyai makanan Khas yang rasanya juara pastinya. Pengen tau kan apa saja? Yuk intip....

 1.       Sate balibul

Nama nya yang unik “balibul” berarti baru lima bulan alias cempe (anak kambing), bisa dibayangin kan betapa empuknya sate ini, karna daging yang dipilih adalah masih kambing muda. Semua kalangan bisa memakannya, mulai dari balita sampe yang sudah lanjut usia. Sate ini tak perlu bnyak tenaga saat mengunyah, karna memang empuuuuukkkkkk banget, buruan dicoba....

1.       2.       Teh poci

Saat masuk ke Tegal, baik kota maupun kabupaten pasti banyak slogan tentang teh poci. Yup kota saya ini punya banyak pabrik teh yang terkenal di seluruh Indonesia, mulai dari teh 2 Tang, teh Poci, Teh Gopek, namun memang slogan Tegal adalah Poci, dimana orang tegal suka sekali dengan teh ini. Ciri khasnya adalah saat meminum teh Poci ini mengunakan poci yang terbuat dat tanah liat, dan gulanya memakai gula batu...hmmm baru srupuuuutttt...enak nemen....Tegal memang laka-laka (Tegal ga ada duanya, hehe)

1.       3. Tahu aci (tahu Murni)
Tahu aci merupakan salah satu icon kota tegal, yang juga dibuatkan patungnya di daerah slawi. Gorengan ini sebenarnya simple dan sangat cocok untuk camilan atau lauk di sore hari. Banyak yang jualan ko dipinggir jalan. Bahan dari tahu kuning dan aci (atau tepung kanji) dicampur dengan bumbu, tahu dan daun kucai lalu ditempelkan diatas tahu, hmmm sangat enak...tahu yang terkenal yaitu tahu murni karna sangat terkenal juga harganya lumayan dikantong, namun yahu aci yang dijual dipinggir jalan juga sama enaknya kok

1.       4. Kupat glabed

Kupat glabed atau ketupat sangat familiar dengan warga Tegal. Namanya yang unik membuat orang penasaran. Sebenarnya kupat glabed semacam kupat sayur, namun kuahnya sangat kental sehingga berasa glabed(atau menempel di gigi) rasanya yang gurih sangat cocok jadi salah satu pilihan makanan di malam hari dan bisa ditemukan di seluruh daerah Tegal.

1.       5. Sate blenggong


Sate blenggong apan sih? Banyak orang yang menanyakannya. “blenggong adalah persilangan bebek dan entog/entok” sehingga menghasilkan varian baru. Sate ini biasanya dijumpai saat kita membeli kupat glabed. Namun jangan salah, tidak semua penjual kupat glabed menyediakan sate ini. Kalo pengen coba dimalam hari, ke daerah TegalSari kota tegal banyak dijual disana

1.       6. Soto “Sedap Malam”

Soto ini sangat terkenal di tegal. Letaknya di desa Talang kecamatan adiwerna. Banyak sekali cabangnya namun dalam satu area. Soto ini mrnggunakan tauco sehingga rasanya sangat berbeda. Rasa asam,gurih,pedas yang masuk ke mulut secara bersamaan pasti membuat anda semua semangat kembali

1.     7.  Es lontrong Slawi


Es ini sangat terkenal di daerah Slawi, letaknya di komplek pasar/ruko slawi. Paduan es kacang hijau dan santannya yang legit membuat es ini sangat digemari. Kenapa es lontrong? Lontrong itu bahasa tegal yang artinya “gang”. Memang letak ini di gang komplek pasar slawi.

1.      8.  Lengko


     Lengko sangat terkenal di tegal. Untuk dapat membayangkan makanan ini, saya bantu anda .makanan ini mirip dengan gado gado, pecel atau ketoprak hanya saja da bahan yang berbeda. Lengko bersi timun, tauge, tahu, tempe yang disiram sambal kacang yang pedas dan ditaburi baeang goreng dan kerupuk.

1.       9. Kacang bogares


     Kacang asin ini banyak terdapat di salah satu daerah bernama Bogares kecamatan pangkah. Kacang ini sangat gurih yang cocok dijadikan camilan maupun oleh oleh anda.

1.      10. Rujak teplak
  
     Rujak teplak adalah rujak yang unik. Terletak pada bahan dan sambalnya. Sambalnya dicampur dengan tela pohon atu bodin kadangkala juga dicampur dengan ganyong. Pilihan sayurnya pun bermacam macam. Makanan ini sangat cocok dimakan saat siang hari, dan banyak dijual dipasar.

1.      11.  Martabak lebaksiu

  
    Tahukah anda? Sebagian besar martabak yang ada di indonesia berasak dari tegal. Tepatnya di lebaksiu. Bermula dari persahabatan orang india dan Tegal kemudian orang india tersebut berkunjung ke Lebaksiu, kemudian orang india tersebut jatuh cinta pada adik sahabatnya dan akhirnya menikah. Ia mulai merintis dagangannya, namun karna selera orang indonesia yang berbeda, ia awalnya akan berjualan martabak india mulai mengkombinasikan martabak india dengan variasi baru. Martabak dengan campuran daging, telur dan juga daun bawang ternyata sangat diminati orang lebaksiu dan tegal. Seiring waktu banyk orang yang meniru dan menjualnya di seluruh Indonesia.

1.      12.  Kripik tahu randu alas

     Kripik tahu jadi salah satu oleh oleh andalan kota saya tegal. Kripik yang enak cap randu alas. Ko bisa? toko ini letaknya di sebelah pohon randu alas (pohon randu). Toko ini terletak di kawasan slawi

1.       13. Olos


      Olos makanan kreasi baru beberapa tahun ini. Dipopulerkan salah seorang wrga tegal dan ternyata kreasinya disukai oleh warga tegal. Terbuat dari kanji dan didalamnya ada campuran kubis dan juga cabe rawit. Saat dikunyah sensasi pedasnya langsung keluar.

1.     14.  Pilus


    Pilus jajanan yang sangat disukai, rasanya yang gurih sangat cocock untuk camilan atau dicampur dengan bakso soto ataupun yang lainnya. Kalu sudah tahu rasanya, pantang untuk berhenti mencoba.

1.     15.  Krupuk antor

     Krupuk antor sangat disukai masyarakat tegal karna rasanya yang gurih dan renyah. Cara penggorengannya pun berbeda, menggunakan pasir yang telah dicampur dengan bumbu.saat merasakannya pasti mersakan sensasi yang berbeda.

1.       16.Samir aneka rasa


    Samir jajanan yang banyak dijumpai pagi hari. Banyak orang yang mengenal sebagai kamir. Rasnya yang variatif sangat disukai masyarakat Tegal mulai dari rasa coklat, strawberry, nanas, keju, pisang dan msih banyak lagi.

       Nah udah tau kan makanan khas Tegal, jangan lupa cobain ya kalo mampir....































x_3d3acb08
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar