Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Persiapan pernikahan: Siraman



Am3liuscollections-Siraman sangat identik dengan proses sebelum menjalani pernikahan. Siraman merupakan sebuah simbol atau adat atau kebiasaan yang menggambarkan bahwa calon pengantin disucikan, dibersihkan agar saat hari menjelang pernikahan tampak sempurna. 

Siraman juga sebagai simbol pemberian terakhir orang tua karna dalam siraman aka nada proses menyuapi (member )makan pada calon pengantin yang terakhir kalinya. Saat siraman pun calon pengantin meminta doa restu pada kedua orang tua untuk menjalani kehidupan yang nyata, yaitu berumah tangga.

Saat prosesi siraman, ada jumlah orang yang ditentukkan untuk memandikan calon pengantin. Jumlah orang nya harus ganjil, 3 orang, 5 orang atau 7 orang yang sudah lebih dulu memiliki menantu yang masih utuh artinya tidak bercerai. Hal ini dipercaya sebagai doa kepada sang calon pengantin agar nantinya pernikahan bisa langgeng sehidup semati

Setelah prosesi siraman berakhir biasanya orang tua mempelai perempuan akan berjualan dawet, ini sebagai symbol rejeki apabila dawet habis maka harapan nya adalah rejeki calon mempelai juga akan lancar dan mudah.

x_3d3acb08
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar