Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips 7 cara cerdas atur keuangan


Am3liuscollections-Mengatur keuangan dalam hidup sejatinya tak akan pernah ada habisnya, karna hal ini selalu kita lakukan setiap hari. Memang jumlah keuangan semua orang tak sama yang akan berpengaruh pada apa yang mereka miliki dan nikmati. Tapi bisakah seseorang yang berpenghasilan tak banyak merasakan fasilitas yang sama dengan kaum yang ber “uang”? jawabanya adalah BISA. selain faktor waktu, kesabaran, anda juga harus pintar pintar mengatur keuangan anda. Am3lcollections akan share bagaimana mengatur keungan kita dengan cerdas. Tips ini berlaku bagi yang single maupun yang sudah berkeluarga. 

Yuk kita baca dan lakukan bersama...

1. Tahu jumlah penghasilan dan bagi dalam beberapa pos

Kita harus tahu benar berapa penghasilan kita, atau apabila berkeluarga suami istri harus tahu betul nominal yang mereka punya setiap bulannya. Lalu bagilah ke dalam beberapa pos keuangan. Hal pertama yang diprioritaskan adalah tagihan tetap sepeti angsuran rumah, listrik, telfon dll. Pos yang kedua adalah tentukan biaya masing masing keluarga untuk sehari hari. Hal yang ketiga adalah untuk tabungan  dan yang paling terakhir bisa untuk uang cadangan, dalam artian ada hal yang tak terduga terjadi bisa menggunakan uang tersebut. untuk masalah shopping, sebaiknya tunggu masa diskon karna akan bisa menghemat pengeluaran anda.

2. Fikirkan antara “butuh” dan “ingin”

Dalam membeli barang apapun sebaiknya kita fikirkan dengan cerdas dan seksama apakah barang yang akan kita benar benar kita butuhkan? Atau sekedar ingin mengikuti tren mode saja. Fkirkan kembali berapa lama jangka waktu barang tersebut masih bisa digunakan.

3. 25% penghasilan untuk menabung

Biasakanlah 25% penghasilan kita tiap bulannya untuk menabung. Kita tak pernah tahu apa yang terjadi hari esok, dan tak pernah tahu juga apakah masih ada orang yang bisa menolong kita saat kita sangat membutuhkan bantuan finansial, maka dari itu lebih baik untuk sedikit bersabar dan berhemat daripada kita kesusahan kedepannya.

4. Bawa uang terbatas

Biasakanlah membawa uang dengan jumlah yang terbatas, selain hal ini akan mengendalikan keinginan kita untuk shopping, hal ini akan menjadikan anda hidup yang lebih bersahaja. Sedikit bukan berarti pelit lho sista....

5. List mimpi kita

Buatlah daftar apa yang ingin kita beli. Hal ini akan memicu kita untuk terus menabung dan mengumpulkan uang lho sista. Kekuatan impian akan memacu kita melakukan apapun untuk mewujudkannya.

6. Hindari hutang

Jangan remehkan hal yang satu ini. Selain membuat kita pusying tujuh keliling, hutang akan membuat kita hidup ketergantungan. Bermula dengan jumlah yang yang kecil lama lama kan jadi besar. Tak ada seorangpun yang tau apakah kita masih mampu membayar ketika hari esok?

7. Investasi

Hal yang satu ini bisa membuat kita jadi kaya, walaupun dengan proses yang panjang. Mulailah investasi anda kecil-kecilan yang disesuaikan dengan kemampuan anda. Banyak variasi untuk memilih investasi uang. Hal ini akan menjadikan “passive income” perbulan nya, bahkan bisa lebih banyak dari gaji kita perbulan lho dan tentunya tidak menutup kemungkinan kita jadi wiraswasta yang sukses...amien...


x_3d3acb08
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Pemeliharaan Mesin mengatakan...

tipsnya oke juga :D

Mrs. Am3lius mengatakan...

thanks...hidup saling berbagi bukan? :D

Anonim mengatakan...

makasih share nya..bagus dn bermanfaat.

Mrs. Am3lius mengatakan...

sama2...semoga tips selanjutnya juga banyak bermanfaat

Anonim mengatakan...

Seperjuangan.... ^_^

Posting Komentar